Rangkaian Testter Transistor Sederhana

Rangkaian Testter Transistor Sederhana

Rangkaian Tester Transistor Sederhana - Rangkaian transistor tester ini merupakan rangkaian tester transistor yang cukup sederhana. Rangkaian tester transistor pada gambar dibawah dapat digunakan untuk mengukur dan mengetahui kaki transistor dan menentukan kondisi transistor. Selain itu rangkaian tester transistor ini juga dapat mengetahui jenis transistor yang diukur. 


Rangkaian tester transistor ini dibangun dengan 2 buah transistor, sebuah ampere meter kecil dan beberapa komponen pendukung. Rangkaian tester transitor ini dapat dioperasikan menggunakan sumber tegangan DC 9V dari sebuah batere atau power supply. J1 dan J2 pada rangkaian tester transistor ini merupakan terminal untuk transistor yang akan di uji.Rangkaian tester transistor secara detil dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian tester transistor ini dibangun dari beberapa bagian yaitu : 

Kontrol bias transistor 
Kontrol bias transistor ini berfungsi untuk mengatur pemberian bias basis transistor yang di test. Untuk test transistor NPN bias basis dikontrol oleh R4 Q1 danj D1. Kemudian untuk test transistor PNP bias basisnya dikontrol oleh R5 Q2 dan D2. Rangkaian kontrol bias basis transistor ini pada dasarnya mengatur besarnya tegangan dan arus basis ke transistor yang ditest. 

Soket transistor 
Soket transistor adalah bagian untuk meletakan transistor yang akan di test. J1 untuk transistor NPN dan J2 untuk transistor PNP yan di test. 

Meter Arus Transistor 
Meter pada rangkaian tester transistor adalah sebuah ampere meter yang berfungi untuk menampilkan arus kolektor Ic pada transistor NPN dan arus emitor pada transistor PNP yang di test.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by kampret, Published at 2:59 AM and have