Rangkaian Wireless On-Off Switch Sederhana

Rangkaian Wireless On-Off Switch Sederhana

Rangkaian Wireless On-Off Switch sederhana ini Cocok untuk peralatan rumah. Biasanya peralatan rumah dikendalikan oleh switch, sensor, dll Namun, kontak fisik dengan switch mungkin berbahaya jika ada korslet. Rangkaian yang dijelaskan di sini tidak memerlukan kontak fisik untuk mengoperasikan alat. Anda hanya perlu menggerakkan tangan Anda antara LED inframerah (D2) dan phototransistor (Q1). 


Sinar inframerah dikirimkan oleh D2 terdeteksi oleh phototransistor untuk mengaktifkan kunci tersembunyi, sistem flush, pengering tangan atau yang lain. Sirkuit ini sangat stabil dan sensitif dibandingkan dengan alat kontrol rangkaian lainnya. Rangkaian ini sederhana, kompak dan murah. Konsumsi arus rendah dalam milliamperes. Rangkaian ini dibuat dengan IC CA3140, D2, phototransistor dan komponen diskrit lainnya.

Komponen
R1 = 470R
R2 = 100K
R3 = 3.3K
R4 = 10K
D1 = 1N4007
D2 = IR LED
Q1 = L14F1
RL = 5Vdc Relay
IC = CA3140
Q2 = BC548

Cara Kerja:
Ketika tegangan 5V terhubung ke rangkaian, D2 memancarkan sinar infra merah, yang diterima oleh phototransistor Q1 jika benar selaras. Kolektor Q1 terhubung ke pin 3 non-inverting dari IC1. Inverting pin 2 dari IC1 dihubungkan ke tegangan-pembagi yang telah ditetapkan R4. Dengan menggunakan preset  R4 Anda dapat memvariasikan tegangan referensi pada pin 2, yang juga mempengaruhi sensitivitas phototransistor. 

Op-amp IC1 menguatkan sinyal yang diterima dari phototransistor. Resistor R3 mengontrol arus basis transistor BC548 (Q2). Output tinggi IC1 pada pin 6 mengaktif transistor Q2 untuk memberikan energi relay RL1 dan switch on pada peralatan, katakanlah, pada pengering tangan, melalui kontak relay. Kerja dari rangkaian sederhana. Untuk menghidupkan alat, Anda hanya cukup mengganggu / menghalangi sinar inframerah jatuh pada phototransistor melalui tangan Anda. 

Selama terhalangi, alat masih tetap melalui relay. Ketika Anda memindahkan tangan Anda dari sinar inframerah, alat akan dimatikan melalui relay. Rakit rangkaian ini pada PCB yang umum digumakan. Identifikasi resistor melalui warna coding atau menggunakan multimeter. Periksa polaritas dan konfigurasi pin dari IC dan mount menggunakan basis. Setelah rangkaian di solder, hubungkan dengan pasokan listrik 5 V ke rangkaian.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by kampret, Published at 2:09 PM and have