Pengertian Dan Kegunaan Transistor

Pengertian Dan Kegunaan Transistor

Pengertian Dan Kegunaan Transistor - Transistor adalah komponen elektronika yang memegang peranan penting. Untuk mengenalnya dibutuhkan sejumlah pengetahuan dasar.  Transistor banyak dibutuhkan atau hampir semua rangkaian elektronika membutuhkannya.  Meskipun dalam rangkaian elektronika itu ada IC, namun transistor tak bisa ditinggalkan.  Misalnya pada pesawat penerima radio transistor, pesawat pemancar, dan lain sebagainya, semuanya butuh transistor.

Untuk memudahkan memahami pengertian dan fungsi transistor adalah bahwa transistor itu dibentuk dengan dua buah dioda germanium dimana salah satu germanium memiliki muatan positif (P) dan germanium lainnya memiliki muatan negatif (N).  Germanium jenis P (positif) memiliki jumlah elektron yang sangat sedikit.  

Dari germanium yang mempunyai muatan positif dan negatif  itu digabungkan.  Jika germanium P digabung dengan germanium N lalu digabung lagi dengan germanium P, maka terjadilah transistor jenis PNP.  Sebaliknya jika germanium N digabung dengan germanium P lalu digabung lagi dengan germanium N, maka terjadilah transistor jenis NPN.

Selanjutnya ketiga germanium yang juga disebut gabungan elektroda itu dikemas dalam suatu lapisan.  Lalu ketiga elektroda atau germanium diberi tep, kaki penyambung berupa kawat.  Oleh sebab itulah pada umumnya transistor memiliki tiga kawat atau kaki.  Adapun tugas atau fungsi kaki-kaki transistor tersebut ialah :

Emitor bertugas menimbulkan elektron-elektron.
Kaki kolektor berfungsi menyalurkan elektron-elektron tersebut keluar dari transistor.
Basis mengatur gerakan elektron dari emitor yang keluar melalui tep/kaki kolektor.
Adapun fungsi transistor, diantaranya adalah sebagai berikut :

Trasistor sebagai saklar.
Dengan memanfaatkan sifat hantar transistor yang tergantung dari tegangan antara elektroda  basis  dan emitter  (Ube),  maka  kita  dapat  menggunakan  fungsi transistor  ini sebagai  sebuah  saklar  elektronik, dimana  saklar  elektronik  ini  mempunyai  banyak kelebihan dibandingkan dengan saklar mekanik, seperti :
a.  Fisik relative jauh  lebih kecil,
b. Tidak menimbulkan suara dan percikan api saat pengontakan.
c. Lebih ekonomis.


Prinsip saklar elektronik dengan transistor diperlihatkan seperti gambar dimana dalam gambar tersebut diperlihatkan kondisi ON dan OFF nya. Kondisi  OFF  terjadi  jika  IC  .  RL = 0, dimana dalam kondisi ini tegangan UBE lebih kecil dari tegangan konduk transistor, sehingga tegangan UCE = UCC.

Transistor sebagai pengatur tegangan (Voltage-Regulator)

Fungsi transistor sebagai pengatur tegangan, jika  terjadi  fluktuasi  tegangan  jala-jala  pada  sisi  input  atau  jika  ada  perubahan beban R L, maka tegangan UCB akan berubah dengan jumlah yang sama, kar ena UZ tetap konstan sedangkan Ui = UCB + UZ. Pada saat terjadi perubahan tegangan ini, Uo akan konstan karena UBE praktis tidak terpengaruh oleh perubahan UCB.


Fungsi transistor sebagai penguat arus, hal ini menyebabkan transistor bisa dipakai untuk rangkaian power supply / catu daya dengan tegangan yang diatur. Supaya pada emitor keluar tegangan yang tetap, maka transistor harus dibias tegangan yang konstan pada basisnya. Sebuah dioda zener biasanya digunakan untuk mengatur tegangan basis supaya tetap.


Demikianlah, pengertian dan fungsi transistor  secara ringkas telah kami sajikan untuk menambah wawasan pengetahuan Anda di bidang elektronika.  Semoga bermanfaat



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by kampret, Published at 9:21 PM and have