Rangkaian Amplifier Gitar Sederhana

Rangkaian Amplifier Gitar Sederhana

Keistimewaan dari rangkaian Amplifier Gitar ini adalah dilengkapi dengan kontrol nada berupa kontrol bass dan kontrol treble. Dengan adanya kontrol nada akan lebih mempermudah dalam menghasilkan dan mengatur sound gitar sesuai dengan selera Anda.

Rangkaian Amplifier Gitar Sederhana ini adalah sebuah Amplifier Gitar listrik dengan kontrol nada yang menggunakan catu/suplai ganda. Pickup gitar mempunyai impedansi tinggi sehingga kabel kasa berkualitas yang baik harus digunakan antara pickup gitar dan preamp. Input gitar adalah melalui C1, R1 menetapkan impedansi input dari op-amp pertama, U1, untuk 10Meg untuk menghindari efek shunting. Gain tahap U1 diatur oleh rasio R2 dan R3, C3 mengontrol frekuensi tinggi roll-off dari panggung. Untuk lebih jelasnya bisa Anda pelajari gambar skema Rangkaian Amplifier Gitar dengan Kontrol Nada di bawah ini.


Sinyal diperkuat umpan melalui C4 dan kontrol VR1 yang harus dari jenis potensiometer logaritmik dan bertindak sebagai kontrol gain. Sinyal melewati Baxendall jaringan pasif tone control, VR2 mengontrol bass dan treble. VR2 dan VR3  adalah jenis potensiometer linear. Sebagai kontrol nada yang pasif, mereka memiliki kekurangan. Ini adalah kompensasi untuk U2 yang berupa penguat  bukan pembalik. Gain keseluruhan sekitar 24dB, jika gain lebih diperlukan maka nilai-nilai R9 dan R10 dapat diubah. 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by kampret, Published at 2:09 PM and have