Rangkaian Regulator Tegangan di Mobil dengan LM317T

Rangkaian Regulator Tegangan di Mobil dengan LM317T

Rangkaian Regulator Tegangan di Mobil dengan LM317T - Soket Lighter pada Mobil tidak hanya dapat digunakan untuk menghidupkan sebatang rokok, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik untuk menghidupkan alat ketika bekerja dalam mobil seperti laptop dan perangkat elektronik lainnya. Berikut ini diagram rangkaian yang menunjukkan cara menyalakan radio dua arah pada mobil dengan menggunakan regulator tegangan LM317T.


LM317T adalah sebuah regulator tegangan positif 3 terminal yang dapat diatur yang efisien memberikan beban arus 1,5 Amps diatas rentang output 1,2 V dan 37 V. Dengan mengacu ke rangkaian, dapat menerima tegangan hingga 14 volt dan tegangan dapat dikontrol dengan mudah dengan menggunakan potensiometer, Resister 3 terminal dengan sistem geser kontak. Seluruh rangkaian akan membutuhkan komponen-komponen berikut:

Printed Circuit Board (PCB)
Resistor 1 (R1): 270 ohm
Resistor 2 (R2): 2K potensiometer karbon
Kapasitor 1 (C1): 100nF
Kapasitor 2 (C2): 1uF tantalum
Voltage Regulator LM317T
Heat sink
DC Power Jacks
LED hijau: Power
LED Merah: Over Voltage
Zener Diode: LED saklar over voltage

Dioda zener bekerja di atas tegangan LED jika tegangan yang lewat lebih besar dari breakdown atau tegangan preset. Penggunaan dioda zener memungkinkan jumlah tegangan konstan dan dapat sangat bermanfaat untuk perangkat yang input dengan jumlah tegangan yang sama.

WEBiPRO Home of Directories Site


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by kampret, Published at 1:16 PM and have