Rangkaian Pengontrol Ketinggian Air Otomatis

Rangkaian Pengontrol Ketinggian Air Otomatis

Rangkaian Pengontrol Ketinggian Air Otomatis merupakan rangkaian sederhana yang berfungsi untuk mengontrol pompa air secara otomatis. Dengan Rangkaian Pengontrol Ketinggian Air Otomatis ini maka mesin pompa air akan menyala sendiri pada saat level air pada penampungan habis dan akan mati sendiri pada saat air pada penampungan aiar penuh. Rangkaian ini menggunakan 3 buah sensor level yang berfungsi untuk mendeteksi level penuh, level tengah dan level air habis. 

Ketiga sensor ini diletakan pada penampungan air, sensor ini berupa kawat konduktor. Rangkaian kontrol pompa air otomatis ini menggunakan relay sebagai interface antara rangkaian kontrol dan pompa air yang bekerja dengan sumber tegangan AC 220 volt. Rangkaian utama dari “Rangkaian Kontrol Pompa Air Otomatis” adalah sebuah SR Flip-Flop yang digunakan untuk mengendalikan relay dari input level air pada bak penampungan. Untuk merakit atau membuat sendiri rangkaian Rangkaian Pengontrol Ketinggian Air Otomatis ini dapat dilihat gambar rangkaian dan komponen yang digunakan pada gambar berikut. 


Proses pendeteksian level air pada bak penampungan oleh “Rangkaian Kontrol Pompa Air Otomatis” ini adalah membaca level logika sensor yang pasang pada bak penampungan air. Selain 3 buah sensor, pada penampungan air tersebut diletakan jalur ground hingga dasar bak penampungan air. Pada saat sensor terkena air maka level logika sensor tersebut akan LOW karena terhubung ke ground melalui air. Dan pada saat tidak tersentuh air maka berlogika HIGH karena tidak terhubung ke ground. 

Pada saat ketiga sensor berlogikan HIGH maka rangkaian akan mengaktifkan relay untuk menyalakan mesin pompa air, kemudian bak air terisisi, sehingga secara berturut-turut sensor terendah berlogika LOW, kemudian sensor tengah berlogikan LOW dan terakhir sensor atas berlogika LOW. Pada saat ke 3 sensor LOW maka rangkaian mematikan relay untuk mematikan pompa air. Kondisi ini akan berjalan terus menerus secara otomatis, sehingga mesin pompa air bekerja secara otomatis untuk mengisi air di bak penampungan air pada saat air menyentuh titik terendah dan mesin pompa air akan mati sendiri pada saat air menyentuh titik teratas sensor. 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by kampret, Published at 1:30 PM and have