Skema Rangkaian Pendeteksi Suhu Air

Skema Rangkaian Pendeteksi Suhu Air

Skema Rangkaian Pendeteksi Suhu Air ini berfungsi untuk memberikan sinyal atau indikator pada pemanas air dengan nyala LED yang menginterprestasikan nilai temperature panas air. Sensor yang digunakan untuk mendeteksi level panas air ini menggunakan 4 buah NTC untuk mendapatkan 4 titik level temperature dari suhu air yang dipanaskan. Rangkaian indikator panas air ini cukup sederhana dan dapat dilihat pada gambar rangkaian berikut.


Rangkaian Pendeteksi Suhu Air ini dapat diaplikasikan pada pemanas air untuk mandi atau untuk memberikan indikator panas air radiator pada mesin. Rangkaian indikator panas air ini dpat memberikan sinyal indikasi panas air dalam 4 level yang diindikasikan dengan nyala LED. 4 level temperature panas air tersebut diperoleh dengan mendeteksi suhu air menggunakan 4 buah NTC dan 4 buah komparator. 

Suhu air yang dibaca oleh sensor NTC dikonversikan sebagai perubahan resistansi kemudian digunakan untuk mendapatkan perubahan tegangan menggunakan rangkaian pembagi tegangan NTC dan resistor. Nilai perubahan tegangan tersebut dibandingkan dengan nilai tegangan referensi oleh komparator tegangan yang dibangun dari penguat operasional (Op-AMp) IC LM324. 

Apabila level tegangan hasil deteksi temperature lebih tinggi dari tegangan referensi maka komparator tegangan akan memberikan perubahan output dan menyalakan LED yang terhubung. Proses mendapatkan 4 level temperature tersebut diperoleh dengan mengatur nilai perbandingan pembagi tegangan NTC dan resistor secara berbeda untuk tiap sensor NTC menggunakan 4 buah potensiometer yang berbeda (P1, P2, P3 dan P4) untuk tiap NTC. Rangkaian Pendeteksi Suhu Air ini dapat dioperasikan menggunakan tegangan +9 volt dai sebuah batere 9 volt sehingga lebih flesibel dalam penempatannya.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by kampret, Published at 12:45 PM and have